cara memindahkan anakan sikas dari indukan kedalam pot

Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
Salam kenal sobat sesama pencinta tanaman hias, insyaallah kita selalu berikan kesehatan oleh Allah SWT, amin. Pada kesempatan kali ini saya akan mebahas mengenai cara memindahkan anakan sikas dari indukan kedalam pot.
Proses cara memindahkan anakan sikas dari indukan kedalam pot:
  1. Dalam hal ini tentunya kita sudah mempunyai indukan sikas yang sudah mempunyai anakan yang menempel di indukan batang tanaman hias sikas.
  2. Untuk teknik pengambilan anakan sikas yang menempel di indukan sikas sangatlah mudah, caranya: 
  • Potong anakan sikas yang sudah mempunyai daun yang menempel di indukan sikas menggunakan karter yang tajam sampai ke akarnya, lihat gambar dibawah:
    cara memindahkan anakan sikas dari indukan kedalam pot
    Sikas
  • Persiapkan media tanam untuk tanaman hias sikas, tanaman hias sikas sangat menyukai media tanam yang berpasir, Campuran pasir dan pupuk kandang dan sekam padi sangatlah penting pada media tanam karena akan bersifat porous, sehingga media tanam bersebut akan memiliki pori-pori kecil yang banyak, ini berfungsi agar udara tetap masuk dalam media serta untuk drainase air dan untuk menjaga kelembabannya.
  • Masukkan kedalam pot yang besar, campuran pasir dan pupuk kandang yang telah di aduk.
  • kemudian buat lubang kira-kira sampai menutupi akar tanaman sikas catatan: untuk keindahan dan seni dari tanaman hias sikas itu sendiri, di sarankan bongkol anakan tanaman hias sikas berada diatas permukaan tanah lihat gambar dibawah ini:
    cara memindahkan anakan sikas dari indukan kedalam pot
    Sikas


  • kemudian taruh pot tersebut ditempat yang teduh tidak langsung terkena sinar matahari karena akan mengakibatkan daun sikas akan menguning, siram tanaman hias sikas anda 3 hari sekali dan berikan pupuk NPK satu bulan sekali. Selesai.

Mudahkan sobat, selamat mencoba, baca juga Tanaman Hias Media Hidrogel 



   

No comments: