cara Grafting adenium

cara Grafting adenium
adenium


Baiklah langsung aja ya sobat sesama penggemar tanaman hias 

untuk persiapan alat-alat yang akan di gunakan sebagai berikut:

  1. Pisau karter tajam
  2. Gunting tajam 
  3. Plastik gula pasir 1 kg

Proses Pengerjaan

potong pangkal batang adenium kira-kira 5 cm dari akar menggunakan pisau karter dengan cara memotong miring batang tersebut. Kemudian ambil batang adenium yang sudah memiliki 2 cabang atau lebih, potong kira-kira 3 cm di bawah cabang, untuk pemotongan batang adenium tersebut sebaiknya menggunakan pisau karter dengan cara miring sama seperti pemotongan pangkal batang adenium yang sudah dijelaskan di awal, pemotongan miring ini gunanya untuk mempermudah proses penempelan antar cabang tersebut sehingga getah dari batang adenium yg akan distek dapat cepat lengket atau menempel ketika disambung.
setelah selesai tahap stek batang adenium tersebut, lalu bungkus batang adenium yang telah di stek dengan plastik yang sudah disiapkan catatan: potong panjang plastik gula pasir 1 kg menggunakan gunting tajam, untuk lebar plastiknya kira-kira 3 cm. Balut beberapa kali sampai tertutup semua stek batang adenium tersebut, kemudian ikat yg kuat agar tidak lepas batang yang telah di stek.
tahap terakhir, Selanjutnya tutup seluruh tanaman adenium anda dengan plastik/kresek, ukuran kresek sesuai dengan tinggi tanaman adenium anda dari atas sampai kepangkal batang adenium, ikat dengan tali dipangkal batang adenium tersebut usahakan udara tidak bisa masuk dan jangan di siram selama 1 minggu. Tujuan nya agar proses Cara stek adenium berhasil. Buka ikatan dari pangkal batang tanaman adenium tersebut kira-kira 3 hari kemudian. Untuk stek batang adenium disarankan membukanya setelah 1 Bulan.
Selamat mencoba...semoga berhasil. Baca juga tanaman hias peneduh

No comments: