Penjelasan Mengenai Bonsai


Penjelasan Mengenai Bonsai
BONSAI HIAS

Bonsai sendiri awal mula berkembang di Jepang yang pelafalannya penzai, bonsai merupakan tanaman yang berukuran kerdil dan mempunyai nilai seni  karena bentuknya yang unik dalam proses pembuatan dan bentuknya, bonsai berasal dari istilah bon yang berarti pot dangkal. Keindahan bonsai bisa dilihat dari dahan, ranting, daun dan akar pohonnya, dan juga pot yang digunakan berukuran sangat kecil. Bonsai mempunyai seni, di sini yang dimaksud adalah dalam hal pemotongan, pemangkasan, dan pembentukan cabang pohon dengan cara membentuk dengan kawat sesuai alur yang diinginkan, di samping itu akarnya bisa dibuat dengan menyebar di atas batu. 
Membuat bonsai membutuhkan waktu lama, karena mempunyai proses dalam hal pemupukan, pemangkasan, pembentukan ranting, tanah yang digunakan, pot, dan dalam pemilihannya tidak asal sehingga pembuatan bonsai membutuhkan waktu yang lama. Untuk mengerdilkan dengan cara memotong akar atau ranting pohon yang akan dikerdilkan misalnya pohon beringin bisa dengan memotong ranting atau akarnya. Setelah memotong akar dan ranting bisa dibentuk dengan media kawat, sebelum menggoreskan kulit  ranting kawat harus sudah diambil terlebih dahulu.

Jenis Bonsai pohon pinus
Indahnya pohon pinus menjadikan pohon ini menjadi salah satu spesies pohon yang dapat menjadikan menjadi beberapa kelompok seperti bonsai cemara cina, bonsai  cemara duri, bonsai  sugi dll.
Jenis Bonsai dari tanaman buah
Tidak hanya pinus yang dapat dijadikan jenis bonsai, pohon dari pohon yang memiliki buah juga bisa seperti bonsai tanaman buah klengkeng, bonsai tanaman buah kedondong, bonsai tanaman buah mangga, bonsai tanaman buah  apel dll.
Jenis Bonsai dari Tumbuhan Berbunga
Tumbuhan berbunga merupkan tumbuhan yang indah, dan tumbuhan berbunga juga dapat kita jadikan bonsai, seperti bonsai tanaman bunga sakura, bonsai tanaman bunga azalea satsuki, tanaman bunga azalea Bougenville dll.
Jenis Bonsai Berdasarkan Daunnya
Jenis bonsai ini dapat kita nikmati berdasarkan daunnya yang indah, seperti bonsai bambu, bonsai maple, dan masih ada jenis bonsai lainnya yang tidak dapat kita paparkan di sini.

Ukuran Bonsai
Bonsai mempunyai beberapa bentuk ukuran, ukuran ini diukur berdasarkantinggi dari pangkal batang sampai puncak, berikut ukurannya:
1. Bonsai Raksasa mempunyai ukuran lebih dari 100cm.
2. Bonsai dengan ukuran sangat besar: mempunyai tinggi antara 75-100cm

3. Bonsai ukuran besar mempunyai ukuran 45-75cm

4. Bonsai ukuran sedang mempunyai ukuran tinggi 30-45cm

5. Bonsai ukuran kecil mempuyai tinggi antara 15-30cm

6. Bonsai ukuran sangat kecil mempunyai ukuran pohon kurang dari 15cm

"Semoga Bermanfaat" Baca juga https://surgatanamanhias.blogspot.co.id/2016/10/5-cara-perawatan-harian-tanaman-bonsai.html

No comments: